Denta Fatwa Fatahillah, Terpilih Menjadi Ketua Dema Amali Ketiga

Denta Fatwa Fatahillah, Terpilih Menjadi Ketua Dema Amali Ketiga

Ma’had Aly – Denta Fatwa Fatahillah, salah satu mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng resmi terpilih menjadi ketua umum Dema Amali Periode 2022-2023, dalam Kongres Dema Amali ketiga yang berlangsung selama 3 hari di Ma’had Aly Al-Iman Bulus, Purworejo. (Selasa-Kamis, 22-24/02/22).

Sebelum berlangsungnya proses pemungutan suara, ia menyampaikan visi dan misi serta rencana program yang ia tawarkan untuk satu tahun mendatang. Sebagai calon nomor urut satu, Denta memiliki visi aktif, kritis, inovatif, serta transformatif. Untuk menyokong keempat visinya tersebut, ia memiliki 4 misi, yaitu mencetak kader unggul yang tafaqquh fi ad-diin, koordinasi kepada lembaga-lembaga keagamaan terkait. Selain itu, ia juga memiliki misi untuk memaksimalkan potensi dari setiap Ma’had Aly di Indonesia dan terakhir ia ingin memaksimalkan fungsi dan kinerja dari kepengurusan yang ada di bagian wilayah.

Lebih jauh ia memaparkan terkait koordinasi dengan lembaga-lembaga keagamaan terkait bisa dilakukan dengan mengangkat beberapa kasus yang terjadi di dalam lingkup pesantren.

“Karena kita melihat dari berbagai macam masalah yang ada di Indonesia seperti kasus pelecehan seksual rata-rata yang kena (penilaian negatif) bukan oknum pesantren, tapi (justru malah) pesantren yang kena. Oleh karena itu, mungkin ini menjadi salah satu tugas kita sebagai Dema Amali kepada Menag (Menteri Agama) dan Depag (Departemen Agama) untuk menunjukkan bahwa kita saat ini sudah kuat terkait dengan keorganisasian,” papar mahasantri semester 6 Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang itu.

Proses pemungutan suara ini sendiri diikuti oleh 3 calon yang telah melewati sesi fit and proper test, di mana sebelumnya diajukan oleh delegasi Ma’had Aly dari masing-masing wilayah. Adapun selain Denta sebagai calon nomor urut satu, ada Mukhlisun dari Ma’had Aly Al Mubaarok Manggisan Wonosobo sebagai calon bernomor urut dua, serta Adli Hakim Al Anshori dari Ma’had Aly Idrisiyah Tasikmalaya pada nomor urut tiga.

Dalam proses pemilihan ini, hanya dua orang dari masing-masing delegasi Dema Ma’had Aly peserta kongres yang memiliki hak untuk ikut memilih dan memberikan suaranya. Adapun hasil akhir pemilihan yaitu calon nomor urut 1 mendapatkan 49 suara, 12 suara untuk calon nomor urut dua, dan 10 suara untuk calon nomor urut tiga, serta ada satu suara yang tidak sah.

Tak berselang lama setelah selesai penghitungan suara, Denta sebagai Ketua Umum terpilih segera menyusun pengurus harian dengan mengangkat Khomad Subekhi dari Ma’had Aly Al-Tarmasi sebagai wakil ketua, Ayu Retno dari Ma’had Aly Al-Zamachsyari sebagai sekretaris dan Rangga Azareda dari Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah sebagai wakilnya. Kemudian untuk posisi bendahara dan wakil bendahara ada Mukhlisun dari Ma’had Aly Al-Mubaarok dan Fadil Nur Falah dari Ma’had Aly Al-Iman.

Terakhir, seluruh pegurus harian dan jajaran yang sudah dibentuk langsung mengikuti proses pelantikan dan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Kiai Nur Hanan selaku Ketua Asosiasi Ma’had Aly se-Indonesia (AMALI) pada sore harinya.(Yayu/Ammar)

Leave a Reply