Juarai MQK DKI, Ma’had Aly Jakarta Siap Melaju Ke Tingkat Nasional

Juarai MQK DKI, Ma’had Aly Jakarta Siap Melaju Ke Tingkat Nasional

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai kitab kuning, Kementerian Agama Republik Indonesia gelar seleksi Musabaqah Qira’atil Kutub tingkat provinsi DKI Jakarta di pondok pesantren Daarul Rohman Jakarta Selatan. Senin (21/08).

Bertemakan ‘Dari Pesantren untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Bangsa’, ratusan santri perwakilan ponpes se-DKI Jakarta tampak antusias mengikuti seleksi tersebut.

Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti perlombaan MQK tingkat nasional yang akan digelar di ponpes Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Jawa Tengah, 29 November mendatang.

Ahmad Bayhaqi, santri perwakilan dari Ma’had Aly Jakarta turut berpartisipasi mengikuti seleksi MQK bersama 7 santri lain dari ponpes Asshiddiqiyah Jakarta.

Ia mengaku sempat grogi dan pesimis mengikuti seleksi tersebut. Namun berkat dukungan santri lain akhirnya ia berhasil meraih juara 3 MQK bidang nahwu tingkat Ulya.

Ia berharap pada para santri untuk terus tingkatkan pemahaman mengenai kitab kuning, supaya lebih paham ilmu-ilmu dari para ulama terdahulu hingga karyanya awet berabad-abad.

Ia sadar bahwa mempelajari kitab kuning bukanlah hal yang kuno. “Belajar kitab kuning merupakan metode pembelajaran yang terbukti hasilnya, kaya akan ilmu dan tidak bisa ditiru oleh negara manapun”, tandasnya. (MH)

Leave a Reply