Santri Menulis Buku, Ma’had Aly Jakarta Raih Juara

Ma’had Aly – Mahasantri Mahad Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta kembali raih prestasi di tingkat nasional. Alwi Jamalulel Ubab, mahasantri semester 2 ini berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi Mencari Esais Muda Pesantren: Santri Menulis Buku yang diselenggarakan oleh Alif.id dan Kemenag RI.

Diumumkan pagi tadi, Selasa (02/02/2021), Alwi bersama dua finalis lain telah mempertanggungjawabkan karyanya pada 25 Januari 2021 dalam sidang munaqasyah melalui Zoom Meeting. Mengusung judul “Musik dan Syair dalam Tradisi Islam“, ia mendapat nilai 895 dari para juri. Ketiga juri pada munaqasyah tersebut ialah Susi Ivvaty, Rizal Mubit, dan Muhtadin.

Juara pertama, Saifir Rahman dari Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukoreja, Situbondo dengan judul karya “Jika Kematian Sudah Digariskan, Untuk Apa Protokol Kesehatan?“. Sedangkan juara ketiga diraih Wildan Fatoni Yusuf asal Ma’had Aly Lirboyo Kediri dengan judul karya “Santri Salaf Membincang Lingkungan: Ikhtiar Merumuskan Fkih Lingkungan secara Komprehensif“.

Di bawah bimbingan para mentor, ketiga finalis esais muda berjuang menuliskan 25 esai yang dimulai sejak Oktober 2020 lalu. Selamat kepada Alwi dan dua pemenang lainnya. Semoga berkah, manfaat, dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi mahasantri Ma’had Aly lainnya. (Mila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *