Ma’had Aly Jakarta Tampil Sebagai Juara MKK Nasional

Salah satu mahasantri Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta, Muhammad Anwar turut tampil sebagai juara Musabaqah Kitab Kuning (MKK) Nasional. Anwar, begitu biasa disapa, keluar sebagai juara ketiga MKK Imrithy sebagai perwakilan santri Pondok Pesantren (PP) Asshiddiqiyah Pusat Jakarta.

Sedangkan juara pertama diraih oleh santri PP. Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Jawa Timur dan juara kedua oleh PP. Addamanhuri Bangkalan Jawa Timur.

MKK yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa. Tidak hanya Imrithy, tetapi Alfiyah Ibnu Malik dan Ihya Ulumuddin juga turut dilombakan. Grand Final MKK Nasional 2018 ini dilaksanakan Kamis (29/11/2018), di Kantor DPP PKB Jakarta Pusat.

Dikutip dari PKBNews, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, begitu sapaan akrab Ketua Umum DPP PKB Pusat ini membuka acara tersebut sebagai bagian dari puncak perayaan Hari Santri Nasional 2018. Menurut Cak Imin, pesantren, santri dan kitab kuning memiliki pengaruh besar dalam masyarakat.

“Pesantren dan santri adalah pilar masyarakat. Mereka memiliki keahlian membaca kitab kuning, serta ilmu-ilmu agama yang mempunyai pengaruh terhadap empat pilar kebangsaan ke masyarakat,” tuturnya di kantor dalam kesempatan tersebut.

Selain Anwar, Asshiddiqiyah Pusat Jakarta juga mengirim dua santri lainnya dalam MKK Nasional ini. Keduanya ialah Muhammad Abror untuk delegasi Alfiyah Ibnu Malik dan Iman Suhaemi untuk Ihya Ulumuddin. Ketiganya ialah mahasantri semester I Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta. (Lail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *