Juara MKK Se-DKI, 3 Santri Ma’had Aly Melaju ke Tingkat Nasional

Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2018, panitia HSN dari DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta gelar Musabaqah Kitab Kuning (MKK), Rabu (24/10). Acara bertema “Merawat Khazanah Kaum Santri untuk Satukan Negeri” digelar di Kantor DPW PKB DKI Jakarta di Paseban Jakarta Pusat.

Perlombaan dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori pemula dengan syarat santri maksimal berusia 20 tahun, dan kategori atas maksimal berusia 25 tahun. Untuk kategori pemula, pembacaan kitab yang dilombakan yaitu kitab Fathul Qarib dan hafalan nadzam Imrithi, sedangkan untuk kategori atas yaitu kitab Ihya Ulumuddin dan hafalan nadzam Alfiah ibn Malik.

Beberapa santri Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah turut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut, di antaranya Muhammad Abror, Iman Suhaemi, Mohammad Anwar, Izzatul Laili, Wahidatun Na’imah dan Dalimah Nur Hanifah mewakili Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta.

Babak penyisihan dilaksanakan di masing-masing propinsi di seluruh Indonesia mulai 15 Oktober-4 November 2018, dan Final akan digelar pada 8-10 November 2018.

‌Kriteria penilaian perlombaan membaca kitab kuning ini meliputi adab ketika membaca kitab, kaidah nahwu shorof, tingkat pemahaman secara lafadz dan maknanya serta penjelasan mengenai permasalahan dan jawaban yang diajukan oleh juri.

Tiga santri perwakilan Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta berhasil memenangkan perlombaan tersebut dan bersiap maju mewakili DKI Jakarta ke tingkat Nasional, yaitu Abror (hafalan dan pemahaman nadzam Alfiyah ibn Malik), Iman (baca kitab Ihya Ulumuddin) dan Anwar (hafalan dan pemahaman nadzam Imrithi).

Penulis mewakili keluarga besar Ma’had Aly Jakarta mengucapkan selamat atas prestasi santri yang membanggakan tersebut. (Lyda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *